Upaya ini, lanjut Shelvy, merupakan bentuk komitmen ASDP untuk tetap memberikan kenyamanan dan meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk menggunakan jasa angkutan penyeberangan di tengah endemi serta turut mendukung kebijakan pemerintah untuk mencegah penyebaran kasus virus Covid-19 di sektor transportasi.
Tak kalah penting, menurut dia, secara rutin, ASDP juga melakukan sejumlah pelatihan keselamatan dan kesehatan kerja khususnya dalam mencegah kecelakaan kapal serta pelatihan tanggap darurat saat terjadi situasi darurat di kapal seperti kebakaran, cuaca buruk, dan evakuasi penumpang.
"Kami juga selalu memastikan penggunaan APD (Alat Pelindung Diri) baik pakaian maupun peralatan yang ada, sesuai standar keselamatan dan kesehatan," ujarnya.
Shelvy mengatakan berkat program-program HSSE yang dijalankan secara konsisten tersebut, ASDP diberikan beberapa penghargaan dan sertifikasi seperti Sertifikat ISO 9001 dan 45001 pada Tahun 2021 dengan ruang lingkup Kantor Pusat, Cabang Merak, Cabang Bakauheni, dan Cabang Ketapang; Sertifikat SMK3 (Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja) dari Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi untuk Pelabuhan Merak, Bakauheni, Ketapang, Gilimanuk, Kayangan, Pototano, Lembar, dan Padang Bai; Sertifikat Penghargaan Cabang Merak Tahun 2021 Safety Culture dari World Safety Organization; dan Sertifikat Penghargaan Cabang Ketapang Tahun 2021 Safety Culture dari World Safety Organization serta Sertifikat Penanganan Covid-19.